Rabu, 16 September 2015

Tentang Kota Malang

Diposting oleh Tasya Aulia di 08.07

Saya lahir di kota surabaya. Kota yang terkenal dengan cuacanya yang panas. Tapi jika dibilang saya asal surabaya, ya , saya berasal dari Surabaya tapi saya besar di Malang. Sejak mulai bersekolah, keluarga saya memutuskan untuk menetap di Malang. Hingga  saat ini saya masih makan tidur di Malang  jadi saya lebih mengenal daerah tempat saya dibesarkan dibandingkan daerah asal saya.
Malang adalah kota yang sejuk. Malang yang dikenal sebagai kota yang selalu dingin bahkan di tengah hari yang terik. Saya tidak mengenal Malang yang seperti itu. Mungkin saat saya masih kecil suasana itu masih ada, tapi semakin lama seiring saya tumbuh Malang memang masih dingin tetapi hawa yang sejuk dan dingin itu hanya berlaku ketika musim hujan, saat pagi hari, dan saat malam hari. Ketika mulai menjelang siang hari kini Malang sama panasnya seperti Surabaya ditambah lagi dengan kemacetan yang sudah seperti di kota-kota besar yang kemungkinan dikarenakan seiring bertambahnya penduduk di kota Malang dan bertambahnya alat transportasi yang dibawa mereka.
Tapi hanya sedikit kekurangan dari kota Malang. Sedangkan banyak hal yang bisa ditunjukkan dari kota tempat saya dibesarkan.Malang sebagai kota pendidikan yang memang terlihat dengan banyaknya perantau yang menuntut ilmu di kota Malang karena ketersediaan sekolah dan universitas terkemuka yang dikenal di masyarakat luar kota Malang. Selain itu banyaknya tempat wisata yang bisa dikunjungi oleh semua umur.
Kebudayaan yang terkenal di daerah Malang adalah tari topeng malangan. Kisah yang dibawakan biasanya berasal dari kisah Panji yang menceritakan kisah asmara Raden Panji Asmoro Bangun (Inu Kertapati) dengan Putri Sekartaji (Chandra Kirana).
Selain itu di kota Malang juga terdapat tempat yang merupakan sarana apresiasi budaya Jawa Timur yaitu Taman Krida Budaya Jawa Timur, di tempat ini sering ditampilkan aneka budaya khas Jawa Timur seperti Ludruk, Ketoprak, Wayang Orang, Wayang Kulit, Reog, Kuda Lumping. Ada juga candi-candi peninggalan jaman dahulu seperti candi Singasari, candi Badut, candi Jago.
Kota Malang terkenal dengan keripik tempenya yang sudah dikenal di khalayak luas dan berbagai macam gorengan yang beberapa darinya tidak dapat ditemui di luar Malang seperti menjes dan tempe kacang. Bukan hanya produksi makanan yang kreatif, bahasa yang kadang terdengar antara sesama orang Malang juga unik. Di Malang banyak kata-kata yang dibalik. Seperti, kamu menjadi umak pulang menjadi ngalup atau sekolah menjadi halokes.
Banyak hal yang menarik di kota Malang yang tidak begitu luas dan tidak begitu sempit. semakin mengenal kota Malang semakin berat rasanya meninggalkan kota yang banyak menyimpan kenangan


0 komentar:

Posting Komentar

 

LOVABLE CHO Template by Ipietoon Blogger Template | Gift Idea